DESIGN WIREFRAME APLIKASI & WEBSITE

Wireframe merupakan kerangka untuk menata suatu item dihalaman wabsite atau aplikasi. Pembuatan wireframe biasanya dilakukan sebelum proses pembuatan produk tersebut dilakukan. item yang berkaitan seperti teks, gambar, layouting, dan sebagainya. Wireframa biasa ditugaskan kepada ahli yang biasa dikenal sebagai UI/UX Designer, Untuk melakukannya, seorang UI/UX Designer menggunakan kertas coretan atau bisa menggunakan software khusus wireframing. Wireframe hanya menampilkan lembaran yang terdiri dari kotak dan garis untuk mengatur tata letak berbagai elemen pada website atau aplikasi.

 

Dengan wireframe memungkinkan seorang developer dengan mudah mengerjakan pengembangan struktur dan arah dari webste atau aplikasi yang akan dibangun. Karena wireframe memberikan informasi detail dari kerangka desain aplikasi atau website yang akan dibangun. Untuk proses pembuatan wireframe ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan wajib diisi pada saat pembuatan wireframe, antara lain:

 

1 Halaman harus sesuai dengan website atau aplikasi secara keseluruhan

2 Isi seperti tulisan, gambar, video, dan lainnya, harus memenuhi tujuan dan dapat disapaikan ke pengguna dengan baik.

3 Elemen di setiap isi, link, dan widget harus berhubungan dengan elemen lainnya.

4 Halaman web atau aplikasi harus terlihat sebagaimana yang diminati user.

 

Setelah mengetahui empat hal diatas, untuk proses pembuatan wireframe tools yang harus kamu ketahui dalam pembuatan wireframe. Terdapat dua cara yang bisa kamu pakai, yaitu melalui software/aplikasi atau menggambar secara manual pada kerta putih kosong. Pada saat saya melakukan PKL di PT Appkey untuk proses pembuatan wireframe dengan cara menggambar secara manual pada kertas kosong dan memberikan detail desaian aplikasi atau web yang akan dibangun.

 

Pada proses pengembangan aplikasi atau website tahapan wireframe sangat penting karena merupakan tahapan awal pengembangan website/aplikasi untuk mengetahui kebutuhan awal yang diinginkan oleh user. Dengan begitu tim pengembang website/aplikasi dapat dengan mudah untuk melanjutkan ke proses development, tetapi sebelum masuk ke proses development wireframe yang sudah selesai akan dilanjutkan ke prosees desaian mockup atau prototype untuk mengetahui desian secara riil yang akan dibangun pada website atau aplikasi.

 

Dengan belajar wireframe kamu bisa menjadi seorang UI/UX Designer yang saat ini sedang banyak dicari perusahaan perusahaan besar. Jadi tidak ada salahnya kita belajar hal baru untuk menambah ilmu baru untuk diri kita sendiri.

Diskusi Blog
  • Komentar