Maintenance Aplikasi

Pada tahapan pengembangan sistem informasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk membangun sistem informasi yang baik, yaitu mulai dari tahapan perencanaan sistem informasi yang akan dibangun, gambaran awal sistem informasi dapat berupa desain awal sistem informasi, kemudian setelah didapatkannya gambaran awal masuk ke proses desain antarmuka sistem informasi, setelah itu baru masuk ke proses pengembangan ke dalam sistem informasi melalui pengkodean, setelah sistem informasi berhasil dibuat kemudian akan dilakukan testing sistem informasi untuk memastikan dan mengecek apabila terdapat bug dalam sistem informasi tersebut untuk nantinya diperbaiki lagi sebelum di sistem informasi dapat digunakan oleh pengguna.

Tidak sampai disitu setelah sistem informasi digunakan dan diluncurkan masih ada tahapan yang harus diperhatikan yaitu tahapan maintenance. Maintenance merupakan tahapan perbaikan atau perawatan sistem informasi, maintenance dapat dibagi menjadi empat yaitu, perawatan perbaikan (correction), perawatan peningkatan kinerja (improvement), perawatan penyesuaian (adaptation), dan perawatan pencegahan (prevention). Akan tetapi secara umum jenis perawatan sistem informasi dapat dikelompokkan menjadi dua kategori besar yaitu, perawatan perbaikan (correction) dan perawatan peningkatan (enhacement).

Saat melangsungkan kegiatan praktek kerja lapangan di PT. APPKEY penulis mendapatkan tugas untuk melakukan maintenance aplikasi internal dari mitra, yaitu aplikasi wordpress yang bernama WPAPP. Aplikasi WPAPP sudah diselesai dikerjakan namun terdapat beberapa bug pada aplikasi tersebut, untuk memperbaiki bug tersebut dilakukan proses maintenance agar bug pada aplikasi dapat teratasi, melakukang bug fixing merupakan tahapan sedikit sulid dibandingkan proses develop aplikasi karena harus mencari bug pada aplikasi dan bisa memperbaiki bug yang ada pada aplikasi tersebut. Proses perbaikan bug tergantung dari bug yang terdapat dari aplikasi bisa dengan cepat ataupun butuh waktu yang lama untuk dapat memperbaiki bug yang terdapat. Selain memperbaiki bug proses maintenance pada aplikasi WPAPP juga dilakukannya peningkatan kinerja aplikasi untuk mempercepat proses loading data dan juga dalam menjalankan aplikasi, dengan cara menggunakan metode yang lebih efektif untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

Setelah proses maintenance selesai aplikasi dicek kembali untuk memastikan kembali apakah aplikasi sudah dapat digunakan kembali dan juga kinerjanya lebih cepat dari sebelumnya untuk digunakan kembali oleh pengguna dan kembali diluncurkan untuk mengganti aplikasi sebelumnya. Maintenance dapat dialkukan kapan saja setelah proses aplikasi selesai dikerjakan jika terdapat bug pada aplikasi yang harus segera diselesaikan sebelum bug tersebut dapat menyusahkan pengguna aplikasi atau bisa juga membahayakan dari pengembang aplikasi.

 

Terima Kasih, semoga bermanfaat :)

Diskusi Blog
  • Komentar